PEMBIDANGAN TUGAS PENGURUS PUK ( Pimpinan Unit Kerja )


Ketua;
1.         Bertanggung jawab PUK (internal & eksternal)
2.         Memimpin rapat PUK
3.         Mempertanggungjawabkan kegiatan PUK (rapat & Musnik)
4.         Mendelegasikan tugas kepada wakil ketua
5.         Bersama sekretaris menanda tangani surat-surat
Sekretaris;
1.         Bertanggung jawab semua kegiatan administratif
2.         Mengagendakan rapat-rapat
3.         Membuat notulen rapat
4.         Mendelegasikan tugas kepada wakil sekretaris
5.         Bersama ketua menanda tangani surat-surat
Bendahara;
1.         Menetapkan iuran anggota
2.         Menerima iuran anggota & dana lain yang tidak mengikat
3.         Mendistribusikan iuran anggota
4.         Bertanggung jawab terhadap keuangan
5.         Membuat peraturan organisasi (PO) tentang penggunaan uang
6.         Mengevaluasi penggunaan uang
Wakil Ketua 1;
Atas nama Ketua dalam bidang Pendidikan & Organisasi
Wakil Ketua 2;
Atas nama Ketua dalam bidang Hukum & Advokasi/Pembelaan
Wakil Ketua 3;
Atas nama Ketua dalam bidang Sosial & Ekonomi
Wakil Sekretaris 1;
Atas nama Sekretaris dalam bidang Pendidikan & Organisasi
Wakil Sekretaris 2;
Atas nama Sekretaris dalam bidang Hukum & Advokasi/Pembelaan
Wakil Sekretaris 3;
Atas nama Sekretaris dalam bidang Sosial & Ekonomi
MENYUSUN PROGRAM KERJA PUK
1.         Sekretariat;
a.         Evaluasi SK PUK dari PC
b.         Pencatatan PUK di Dinas Tenaga Kerja
c.          Membuat agenda rapat (pengurus, dg perwakilan, dg pengusaha/personalia, dll)
d.         Membuat notulen rapat & mendistribusikan (jika perlu)
e.         Membuat dokumen terhadap setiap kegiatan organisasi
f.          Semua surat atau data-data lain diarsip dengan baik
g.         Mengevaluasi program kerja yang telah dibuat oleh tiap bidang
h.         Membentuk lembaga kerja sama (LKS) bipartit
i.           Membuat anggaran kegiatan kesekretariatan
2.         Bendahara;
a.         Membuat peraturan organisasi (PO) tentang penggunaan uang, seperti :
·           Dana mogok
·           Perjalanan dinas
·           Biaya rapat
·           Tunjangan pengurus, dll
b.         Mendistribusikan anggaran kepada tiap bidang
c.          Meminta pertanggung jawaban pemakaian anggaran tiap bidang
d.         Membuat laporan keuangan secara periodik
e.         Membuat anggaran kegiatan bendahara
3.         Bidang Pendidikan & Organisasi;
a.         Pendidikan;
·           Membuat target peserta pendidikan (pendek, menengah & panjang)
·           Menetukan sasaran peserta pendidikan (pengurus, perwakilan & anggota)
·           Menetukan jenis pendidikan (dasar, lanjutan, spesialisasi & seminar)
·           Membuat data base peserta pendidikan
·           Membuat anggaran kegiatan pendidikan
b.         Organisasi;
·           Membuat data base anggota (kelamin, pernikahan, tetap/kontrak, dll)
·           Membuat & mengevaluasi Kartu Tanda Anggota (KTA)
·           Mendistribusikan & mensosialisasikan AD & ART
·           Membentuk & memperdayakan perwakilan anggota
·           Membuat anggaran kegiatan organisasi
4.         Bidang Hukum & Pembelaan;
a.         Hukum;
·           Sosialisasi isi PP/PKB
·           Sosialisasi peraturan perundangan ketenagakerjaan
·           Membuat rencana diskusi/seminar masalah ketenagakerjaan
·           Membuat anggaran kegiatan hukum
b.         Pembelaan;
·           Membuat prosedur pengaduan keluh kesah
·           Membuat tata cara penangan keluh kesah
·           Membuat data base masalah anggota (PHI maupun PHK)
·           Meningkatkan perlindungan anggota (PKB)
·           Meningkatkan kesejahteraan anggota & keluarganya melalui perundingan
·           Membuat anggaran kegiatan pembelaan
5.         Bidang Sosial & Ekonomi;
a.         Sosial;
·           Berpartisipasi dalam kegiatan sosial, didalam maupun diluar perusahaan
·           Menentukan kriteria kegiatan sosial
·           Membuat anggaran dana sosial
b.         Ekonomi;
·           Membentuk/meningkatkan peranan koperasi
·           Bersama pengurus koperasi membuat program pemberdayaan koperasi :
Ø  Meningkatkan daya beli anggota
Ø  Membantu proses kepemilikan rumah bagi anggota, dll
·           Terlibat didalam pengawasan jalanya koperasi
MENYUSUN PROPOSAL
Kegiatan organisasi yang akan dilakukan dan melibatkan anggota, maka bidang yang bersangkutan sebelumnya membuat proposal.
Proposal tersebut sebaiknya dibahas dalam pengurus sebelum disetujui oleh Ketua.
Isi proposal kegiatan tersebut antara lain adalah :
1.         Kepada siapa proposal itu ditujukan
2.         Pendahuluan, penjelasan maksud proposal
3.         Tujuan, sasaran yang akan dicapai dari kegiatan
4.         Pelaksanaan, kapan kegiatan akan dilaksanakan (hari, tanggal, jam)
5.         Tempat, dimana kegiatan akan dilaksanakan
6.         Program, kegiatan dilaksanakan sendiri atau bekerja sama dengan pihak lain
7.         Pembiayaan, kegiatan ini dibiayai oleh PUK sendiri atau bekerja sama dengan sponsor
8.         Peserta, menjelaskan peserta (jumlah & dari unsur mana saja)
9.         Kewajiban peserta, sesuatu yang harus dilakukan oleh peserta
10.      Hak peserta, sesuatu yang harus diberikan kepada peserta
11.      Biaya, besarnya biaya yang diperlukan dan uraian/perincian biaya
12.      Penutup, berupa harapan dan ucapan terima kasih
MEMBUAT LAPORAN
Laporan PUK terdiri dari
1.         Laporan keuangan yang dibuat secara periodik (3 bulan sekali)
2.         Laporan kegiatan tahunan PUK (Rakernik)
3.         Laporan pertanggung jawaban dalam Musnik (3 tahun sekali)
Laporan Keuangan
Laporan keuangan PUK adalah sebagai berikut :
1.         Penerimaan, terdiri dari :
a.         Saldo 3 bulan lalu (waktu lalu)
b.         Iuran anggota selama 3 bulan (dari bulan …..s/d bulan ….)
c.          Jasa Bank (kalau ada)
d.         Masukan dari lain-lain (kalau ada)
2.         Pengeluaran, terdiri dari :
a.         Membayar iuran ke perangkat organisasi (bulan …. d/s ….)
b.         Biaya sekretariat (3 bulan)
c.          Biaya bendahara
d.         Biaya bidang 1
e.         Biaya bidang 2
f.          Biaya bidang 3
3.         Saldo, adalah total penerimaan dikurangi dengan total pengeluaran
Laporan Kegiatan Tahunan PUK
Kegiatan tahunan PUK disampaikan didalam rapat kerja unit kerja (Rakernik)
1.         Laporan hasil kerja PUK periode tahun lalu
2.         Evaluasi hasil kerja tahun lalu
3.         Perbaikan sistim kerja untuk tahun berikut
4.         Menetukan skala prioritas kegiatan tahun berikut
Laporan pertanggung jawaban dalam Musyawarah Unit Kerja (Musnik)
Laporan pertanggung jawaban PUK adalah merupakan perbandingan antara rencana kerja dengan hasil kerja yang sudah dilakukan, yang disusun sebagai berikut :
1.         Pembukaan
2.         Laporan umum
3.         Laporan bidang-bidang
a.         Sekretariat
b.         Bendahara (keuangan)
c.          Bidang 1
d.         Bidang 2
e.         Bidang 3
4.         Penutup.
MATERI MUSNIK
1.         Rancangan agenda/acara Musnik
2.         Rancangan tata tertib Musnik
3.         Rancangan tata tertib pemilihan ketua/pengurus PUK (jika belum diatur dlm tatib Musnik)
4.         Rancangan berita acara sidang tim formatur (jika pemilihan pengurus menggunakan sistim formatur)
5.         Rancangan program kerja
6.         Rancangan anggaran
7.         Rancangan rekomendasi
8.         Rancangan surat keputusan :
a.         Rancangan surat keputusan agenda/acara Musnik
b.         Rancangan surat keputusan tata tertib Musnik
c.          Rancangan surat keputusan pemilihan ketua/pengurus
d.         Rancangan surat keputusan sidang tim formatur
e.         Rancangan surat keputusan program kerja
f.          Rancangan surat keputusan anggaran
g.         Rancangan surat keputusan rekomendasi
9.         Lampiran-lampiran :
a.         Surat keputusan PUK tentang panitia Musnik
b.         Lampiran surat keputusan panitia Musnik
c.          Daftar nama peserta Musnik
d.         Daftar peserta sidang komisi (jika sudah ditetapkan oleh panitia)
e.         Daftar asset/inventaris PUK


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar